Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Bisnis Cetak Undangan Pernikahan Dengan Printer

Tips Bisnis Cetak Undangan Pernikahan Anti Bangkrut Pasti Sukses Tips Bisnis Cetak Undangan Pernikahan Modal Printer - Bisnis Percetakan adalah peluang usaha yang sangat potensial, baik dikerjakan dalam skala besar maupun sekala kecil (UKM) yang bisa digarap dirumah. Buat Anda yang bingung menemukan jenis usaha apa yang paling menguntungkan, salah satu jawabannya adalah Usaha Percetakan.

Satu pertanyaan mulai muncul, bukankah percetakan itu membutuhkan modal yang besar? Jawabannya adalah iya, "tapi kan saya baru saja memulai bisnis ini, tentunya modal yang saya punya juga masih terbatas". Alternatifnya adalah membidik pasar yang lebih kecil, yaitu Jasa Cetak Undangan Pernikahan Untuk Pemula.

Bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar serta sewa tempat yang mahal, karena Anda pun bisa memulainya dirumah serta beberapa perangkat untuk bisa membuka usaha ini. Bahkan tips ini memungkinkan Anda mempunyai usaha cetak undangan menggunakan printer saja.

Anda hanya membutuhkan 1 perangkat komputer atau PC, kalau tidak punya, laptop juga bisa, 1 printer, serta blangko undangan yang bisa Anda temukan di toko percetakan ditempat Anda.

Karena bisnis Anda dimulai dari awal, Anda tidak perlu membuat undangan dari awal sekali karena sekarang Anda bisa langsung membeli blangko yang sudah jadi, lalu tugas Anda hanya mencetak tulisan, dari nama mempelai, alamat, serta beberapa ornamen atau souvenir yang diperlukan.

Blangko undangan ini sangat berguna sekali karena dapat menghemat waktu dan biaya, karena tugas Anda akan lebih mudah dan cepat. Bahkan, bisnis cetak undangan yang saya miliki juga dimulai dari penggunaan blangko sampai hari ini.

Bisa Anda lihat pada postingan sebelumnya tentang Jasa Cetak Undangan Pernikahan Banyuwangi, disana terdapat beberapa cetak undangan yang saya dapatkan dari menggunakan blangko.

Nah, berikut ini merupakan kelebihan bisnis cetak undangan yang sangat potensial dan mempunyai prospek yang bagus kedepannya, menurut pengalaman saya :

1. Modal Relative Kecil

Tantangan pertama seorang wirausahawan adalah masalah modal, kendati demikian, modal percetakan undangan yang saya share ini tidak membutuhkan modal awal yang terlalu besar, modal awal serta menjadi peralatan pokok meliputi : Komputer atau PC / Laptop, Printer, Blangko Undangan, Katalog.

2. Mudah Dilakukan Serta Menjadi Bisnis Sampingan

Walaupun sekarang Anda bekerja sebagai karyawan disebuah perusahaan, Anda masih bisa menjalankan bisnis Anda dirumah. Pagi sampai sore Anda bisa berkerja seperti biasa, lalu ketika sesampainya dirumah Anda bisa menggarap ladang bisnis Anda sendiri. Pengalaman saya, dalam 1 malam saya bisa mencetak hampir 1000 lembar undangan, itupun saya selingi berhenti sejenak agar printer tidak terlalu ngoyo.

3. Potensi Pasar Besar

Taukah Anda? Bahwasanya acara pernikahan selalu ada, kalau bukan di wilayah Anda, wilayah lain yang berdekatan dengan Anda pasti ada. Peranan Media Sosial juga cukup berpengaruh dalam perkembangan bisnis Anda. Jadi usahakan terus melakukan promosi, baik door to door maupun melalui online. Jangan lupa marketing dari mulut ke mulut juga berdampak besar untuk bisnis Anda.

Rincian Modal Awal :
PC / Laptop = Rp. 2 jt
Printer = Rp. 2 jt
Blangko = Rp. 300 rb

Modal awal ini merupakan investasi awal Anda pada bisnis.

Rincian Produksi dan Harga Jual
Blangko = Rp. 500;
Plastik = Rp. 50;
Biaya Setting = Rp. 300;
Total = Rp. 850;
Minimal Untung perlembar = Rp. 500; (tergantung keinginan Anda)
Total Rp. 1.850;

Misal Anda mendapatkan order 200 cetak undangan, maka
200 x 1.850; = 370.000;
Rp. 370.000 - Rp.170.000 (modal Rp. 850; x 200) = Rp. 200.000;

Lumayan bukan?

Bagaimana? Semakin tertarik untuk menggeluti bisnis ini? Simak tips dan strategi bisnis percetakan undangan yang saya share dibawah ini pada artikel yang berjudul Tips Bisnis Cetak Undangan Pernikahan Modal Printer berikut :

1. Jangan Melakukan Banting Harga

Jika bisnis Anda baru berdiri, jangan pernah bermain pada turunnya harga, karena menurunkan harga pada jasa Anda justru akan berdampak buruk pada harga pasar. Selain itu, menurunkan harga dibawah segmen pasar membuat Anda dikucilkan dikalangan penjual jasa lain di wilayah Anda. Be Creative!

2. Tingkatkan Kualitas dan Pelayanan

Jika banting harga bukan pilihan tepat, makan cara terbaik untuk mendapatkan pelanggan setia adalah dengan cara meningkatkan kualitas dari hasil cetak Anda. Pelayanan yang prima tentang keluhan dan keinginan pelanggan juga menjadi pancing terbaik untuk mendapatkan calon customer yang lebih besar.

Salah satu cara meningkatkan pelayanan adalah dengan memberikan sedikit bonus seperti ornamen dan souvenir, cetak denah atau peta pada undangan. Cara ini terbukti berhasil dan menambah rasa puas pada calon buyer dan customer.

3. Bangun Basis Lebih Besar

Di era super cepat ini, peranan internet sangat penting. Apalagi dengan adanya media social seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain itu bagaikan sebuah kolam penuh ikan yang siap Anda jaring.

4. Minta Testimonial Dari Buyer Anda

Jika Anda berhasil mendapatkan buyer, mintalah testimoni atau kesan mereka terhadap kualitas undangan serta pelayanan yang Anda berikan. Jangan lupa untuk memberikan reward pada mereka yang sudah membuat testimoni di media sosial, seperti bonus dan lain sebagainya.

Bagaimana menurut Anda? Sebisa mungkin kami berikan tips usaha yang simple namun mempunyai hasil yang bagus, Anda tidak perlu mengikuti kursus cetak undangan maupun memahami teori rumit seperti analisis swot dan lain sebagainya.

Mungkin hanya segini saja yang bisa saya bagikan pada Anda tentang Tips Bisnis Cetak Undangan Pernikahan Modal Printer. Jangan lupa untuk share pada orang-orang terdekat Anda agar mereka juga tau tentang informasi keren ini.
M Lukmantoro
M Lukmantoro Blogger Tampan Dari Ujung Timur Pulau Jawa